07.12.

Untuk setiap perjuangan yang belum berakhir, terima kasih! Kadang dirundung duka, geram dan kesal yang berkecamuk, namun terselesaikan semudah dengan enggan berpikir jahat atas segala perjuangan. Jagat perjuangan membuahkan ketekunan, dan ketekunan membuahkan cerita baru yang melahirkan ketekunan lainnya. Jagat yang terlalu dihindari, malah semakin sering membekap. Membungkam cerita dan berharap punya cerita versinya sendiri, malah membuat patah sepatah-patahnya. Belum lagi sudah tak mampu mengorganisir diri, setidaknya meyakinkan diri bahwa ini adalah demi kebaikan.

Seringkali patah hingga tumbang karna kecaman maupun tuntutan. Seringkali menyerah karna gagal meyakinkan diri. Seringkali merasa tak berdaya melawan segala hal yang oerlu dilawan. Mengklarifikasi hati dengan sejumlah harapan pun, tak begitu mudah. Mereduksi opini-opini jahat yang dijadikan sebagai motivasi pun juga tak mudah. Sama beratnya dengan berpikir baik-baik saja. Bukan karna tak yakin pada Tuhan yang menitipkan segalanya pada semesta, melainkan tak mudah menyertai segala kebaikan yang turut serta dalam sejumlah pemikiran.

Berjuang seorang diri melewati terjal yang tak punya batas. berhati-hati menekankan hati, bermula dari prasangka baik yang berbelok tak sesuai harap. Sekarang malah sedang belajar berbaik sangka pada semesta. Mensyukuri segala hal yang terjadi. Setidaknya dengan mampu meyakinkan diri, akan lebih mudah menikmati segala kenyataan. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s