Teruntuk Kakakku.

Di malam Januari pertama, ada cerita yang bertamu dari kakakku. Bercerita tentang patah hati terdalamnya di tahun lalu, 2019. Halo kaka, senang berjumpa lewat kata denganmu. Terima kasih sudah mau bercerita dan malah bersedia menjadi pemeran baru, di artikel pembuka blog milikku di tahun 2020๐Ÿ˜Š.

Kakakku menjalin cinta dengan sang mantan, yang disangka adalah tambatan hati terbaik. Dia jago memberi kenyamanan, berhasil merobohkan anggapan tentang ketampanan berdasarkan fisik, namun berhasil memberi kejutan mengenai ketampanannya dalam cara berpikir. Caranya membuat jatuh cinta, sungguh diluar dugaan. Itulah sebabnya mengapa kakakku berhasil mencintainya. Kisah itu tumbuh dalam hati masing-masing selama dua tahun. Cara saling mencintai yang agaknya bertahan, harus dan telah kandas setelah dua tahun bersama. Mau tahu mengapa berakhir di tahun kedua setelah bersama?

Ada aroma tak sedap yang mulai terkuak dan tercium. Sebelumnya, jarak yang turut memisahkan, telah memberi peluang serta kesempatan untuk menjadi persinggahan antara sang sahabat dan mantan pacar ketika masih bergelar pacar. Ada tindakan bengis antara dua orang ini. Ada kenyamanan yang diberikan oleh masing-masing, dan justru keduanya saling kenyamanan. Episode baru diantara mereka telah lahir. Episode yang menyajikan rentetan peristiwa, yang bahkan selama ini tak pernah disangka akan terjadi. Dua orang yang begitu dekat, kini telah melekat dan menciptakan ruang bagi kakakku. Ruang itu adalah tempat mereka bertumbuh untuk saling mencinta, hingga lupa ada yang tersakiti karna mereka. Kisah itu berakhir, ketika sang mantan telah mencintai sahabat kakakku.

Kisah manis yang mulai berubah tak manis itu, sering tarik-ulur. Tiba-tiba sang mantan dibuat kegirangan dengan persinggahan barunya, lalu kembali kepada kakakku tanpa merasa bersalah. Berbekal cinta, kakakku memberi maaf, seraya berharap ada perubahan yang terjadi dan ada kemajuan positif akan hubungan mereka. Nyatanya, segala kebaikan dan pengorbanan yang diberikan kakakku, berhasil dilengserkan oleh sang sahabat yang memberi atmosphere baru pada sang kekasih milik kakakku. Tak mengapa, setidaknya kakakku tahu mana orang yang bermuka dua tanpa perlu berusaha mencari dan membuktikan.

Kepada sang mantan kekasih kakakku; terima kasih telah bertahan selama dua tahun, dengan segala warna yang mewarnai kisahmu dengan kakakku. Dia sempat bahagia, sebahagia-gianya, juga patah sepatah-patahnya. Kau pernah jadi tempatnya pulang ketika dia lelah dan butuh dukungan, namun jangan kuatir. Sebab kini dia sudah tak lagi berusaha menjemputmu ketika kau yang berusaha pulang padanya. Jangan ragu akan pilihanmu, bahagiakanlah ‘dia’ yang kau pilih sekarang. Jaga dia sekuat tenaga dan hatimu, cintai dia seluas hatimu, dan pertahankan dia sekuat kau menjadikannya tujuan lalu melepaskan kakakku.

Kepada sang sahabat kakakku; terima kasih karna kau dan kakakku pernah sedekat tanah dan rumput, tapi kini sejauh sungai yang bermuara ke lautan. Kau yang semula menjadi tempatnya percaya, kini malah tiada berdaya memberinya rasa percaya. Aku senang dan bersyukur, bahwa kakakku malah tahu bahwa kau juga punya kuasa untuk menipu dan pandai menipu dengan halus, tanpa terhambat oleh apapun. Jagalah dia yang kau ambil dari kakakku, rawatlah dia sekuat hatimu supaya kau tidak mendapati kejadian yang sama seperti kakakku.

Teruntuk sang sahabat dan sang mantan pacar kakakku; halo kalian! Selamat berbahagia! Terima kasih telah menikung di tikungan kisah, dan bahkan berjasa menciptakan kisah terbaru antara kalian. Aku doakan yang terbaik, semoga kalian saling mencintai sedemikian dalam. Semoga kalian yang saling terbutuhkan, memang yang diskenariokan oleh semesta. Hati saudariku sudah bersih untuk kalian, tak ada rasa sesat yang ingin menyesatkannya. Dia tahu bahwa kalian saling mencintai, hingga kalian kelihatan sangat bahagia. Lestarikanlah kebahagiaan itu๐Ÿ˜Š. Kakakku bahkan tak merasa kalian berdua mengkhianati, karna sesakit-sakitnya hatinya yang hancur, sudah mulai pulih sekarang. Terima kasih untuk kalian yang membuat tahun 2019 miliknya, dihiasi dengan patah hati yang membuatnya hampir hilang arah. Kalian jangan khawatir, sebab separah-parahnya patah hatinya, hatinya bahkan tak tersentuh debu dengki yang akan bersarang di hatinya. Dont worry, her heart is full for you both๐Ÿ˜Š.

Teruntuk kakakku; terima kasih telah kuat menjalani hari-hari walau dilanda patah hati. Seperi katamu: ‘karna patah hatimu telah membawa sukacita padamu‘, biarlah kau nikmati patah hati terdalammu ini. Apa kau tahu bahwa ini adalah hal baik yang terjadi padamu? Sebab kau adalah orang baik yang diselamatkan oleh semesta. Semesta sering memberi orang yang kita kira baik, namun nyatanya malah sebaliknya. Dua tahun kau mengarungi waktu bersamanya, menjadikannya prioritasmu, hingga akhirnya kau tahu kan, bahwa selama ini kau tak benar-benar tinggal dihatinya. Dia bahkan tak menjaga hatimu dan pergi bersama orang terdekatmu. Sukacitamu yakni, dia yang pernah menjadi kekasihmu itu tak pantas lagi diperjuangkan! Dia yang memilih pergi karna mendua telah membuktikkan bahwa hatinya bercabang dan takkan subur untuk satu nama. Iya kan? ๐Ÿ˜

Teruntuk kakakku: terima kasih karna akhirnya kau pilih berpisah dengan melepaskan tanpa mendendam. Patah hatimu harus sehat dan jangan sakit-sakitan. Tak mengapa bila rindu masih datang beberapa kali, karna aku tahu bahwa dua tahun menjalin cinta adalah waktu yang tak sedikit. Ada 730 hari yang kau bagi dengannya, beserta semilyar kenangan yang menjadi alasan mengapa kau mencintainya. Namun rindukanlah dia sewajarnya, nikmati masa-masa merindukannya namun sisipkanlah cara kalian berpisah, supaya kau mampu mengaduk akal sehat didalam segala adonan rasa rindumu padanya.

Teruntuk kakakku, the best part of you is; telah mencintai setulus hati. Aku belajar begitu banyak darimu malam ini, bahwa mencintai dengan memberi sepenuh hati memang cukup besar memberi dampak pada patah hati. Namun hati dan caramu mencintai dipahat dengan ketulusan, sehingga kau diberkati dengan hati yang penuh syukur menyadari caramu mencintai dan bahkan tak menyesalinya. Kau berhak melepaskan orang yang melepaskanmu, dan aku tahu bahwa ada seorang yang sedang melukis paras manismu di ruang imajinasinya. Hanya semesta atas bantuan Tuhan yang akan membawanya menjadi lukisan hidup di hadapanmu juga mengisi dan menjadi penetap ruang kosong di hatimu, di waktu yang aku tak tahu kapan.

Kaka, everybody hurts sometimes everybody hurts someday, but everything gon’ be alright, go and raise a glass and say. Menangislah sewajarnya dan tersenyumlah sebanyak mungkin. Patah hatimu adalah siklus dalam jalinan cinta. Setiap pertemuan ada perpisahan kan? Itulah mengapa aku bilang, nikmatilah patah hatimu๐Ÿ˜Š. Oh ya, selamat tahun baru kaka. Semoga 2020-mu menyajikan cerita baru, dan putuskanlah hal yang mengganjal dihatimu. Kau patut bahagia di tahun ini, oke?

Kaka, aku putuskan memberi senyum sukacitaku mendengar ceritamu๐Ÿ˜‚. Aku harap kau suka fotoku hahahahhaah

Terima kasih telah dengan setulus hati memberi ceritamu, untuk aku tulis disini. Aku belajar darimu, bahwa patah hati dalam percintaan adalah ekspresi perpisahan yang tak bisa dibendung. Terima kasih, telah menjadikanku saksi patah hatimu malam iniโค.